kapsulcucidarah

Adakah Pantangan Untuk Ibu Menyusui ?

Adakah Pantangan Untuk Ibu Menyusui ?

Pantangan Untuk Ibu Menyusui yang Perlu Didiketahui

Seorang ibu menyusui harus mengetahui betul apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan selama dalam fase menyusui. Tak hanya ibu hamil saja, ternyata ibu menyusui juga ada pantangannya lho bun. Beberapa pantang memang harus diperhatikan sejak dini.

Hal ini bertujuan supaya tidak menimbulkan efek negatif terhadap ASI. Perlu anda ketahui pula, apabila pantangan ini tidak digubris atau dilakukan maka hal tersebut bisa beresiko bagi si kecil dan si ibu.

Supaya hal yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya jika ibu menyusui di rumah memperhatikan beberapa hal yang wajib anda hindari selama fase menyusui. Dan berikut adalah beberapa pantangan yang perlu anda ketahui.

  1. Makanan dan minuman berkafein

Ya, seorang ibu menyusui memang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkafein. Tak hanya berasal dari kopi ternyata kafein juga bisa berasal dari the atau minuman kola.

Meski belum ada bukti kuat jika kafein ini berbahaya untuk kesehatan ibu dan bayi, akan tetapi beberapa ibu menyusui sering mengkait-kaitkan kafein dengan masalah sulit tidur pada si kecil.

  1. Rokok

Tanpa dijelaskan pastinya bunda dirumah sudah tau apabila rokok tidak boleh dihisap oleh ibu hamil dan menyusui. Selain dapat mengganggu kesehatan ibu dan bayi ternyata asap rokok juga mampu meningkatkan terjadinya sindrom kematian bayi mendadak.

Biasanya ibu menyusui merokok bisa membuat bayi mual, kram perut, diare dan muntah. Tak hanya itu merokok juga bisa membuat produksi ASI berkurang.

  1. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Selain rokok ibu menyusui juga di larang untuk minum minuman beralkohol. Ketika seorang ibu menyusui mengkonsumsi minuman beralkohol secara otomatis zat yang terdapat dalam minuman tersebut bisa masuk ke ASI.

Bahkan rasa dan aroma ASI juga ikut berubah. Sebuah studi juga telah melakukan survey jika bir bisa mengakitkan produksi ASI berkurang. Hal ini dikarenakan bir mampu menghambat produksi ASI.

  1. Obat Herbal

Meski namanya obat herbal namun nyatanya belum bisa dipastikan keamanannya. Dan kemungkinan besar juga bisa menimbulkan efek samping. Oleh karena itu sebelum mengkonsumsi obat-obatan termasuk obat herbal ibu menyusui dihimbau untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

  1. Ikan yang mengandung merkuri

Merkuri merupakan sebuah zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain terdapat pada kosmetik ternyata kandungan merkuri juga terdapat pada ikan. Ya, meskipun ikan mempunyai kandungan nutrisi yang cukup besar namun ternyata beberapa ikan ada yang mengandung merkuri.

Akan tetapi beberapa jenisikan ada yang kandungan merkurinya rendah seperti tuna, salmon dan udang. Walau begitu tiga hewan laut tadi kurang baik apabila dikonsumsi setiap hari, paling tidak dikonsumsi seminggu sekali.

Terimakasih atas perhatiannya semoga bermanfaat.

 

Comments

comments

Leave a Reply

pusat Herbaruqyah yang insyaAllah banyak khasiat dan manfaatnya

Pesan herbaruqyah Sekarang