kapsulcucidarah

Berbagai Hal Menarik Mengenai Daun Bidara, Kamu Harus Tahu !

By | 10th Oktober 2016

Berbagai Hal Menarik Mengenai Daun Bidara, Kamu Harus Tahu ! – Daun Bidara merupakan salah satu daun yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita sebagai masyarakat Indonesia yang memang mempunyai anugerah kaya akan berbagai tanaman dan tumbuhan. Berbekal tanah yang subur makmur, bumi Indonesia seakan-akan cocok untuk ditanami dengan berbagai macam tumubuhan, salah satunya adalah tumbuhan bidara.

khasiat-daun-bidaraDikutip dari laman wikipedia yang selalu melegenda, bidara atau widara yang dalam bahasa latinnya adalah Ziziphus mauritiana merupakan pohon kecil yang bisa tumbuh di daerah kering. Dari sebagian besar penmbudidaya yang dilakukan terhadap tanaman bidara ini, kebanyakan diantaranya menggunakan cara hidroponik.

Lantas mengapa kita perlu mengenal yang namanya tumbuhan bidara ini? Ternyata jawabannya mudah dan sangat sederhana sekali. Salah satu yang paling menarik dari tumbuhan bidara tersebut yakni manfaat yang terkandung dalam daun bidara tersebut.

Berbagai penelitian telah membuktikan bagaimana daun bidara ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat baik itu bagi kesehatan, kecantikan bahkan sampai dengan berbagai macam hal-hal yang berbau klenik/mistis.

Tak heran namnpaknya jika sampai saat ini berbagai produk olahan daun bidara telah merambah luas, bahkan daun bidara yang Cuma dianggap sebagai tanaman biasa kini menjadi banyak dikembang biakkan oleh berbagai kalangan khususnya untuk mengobati berbagai penyakit pada manusia.

Berbagai hal menakjubkan ternyata telah dibuktikan dengan menggunakan daun bidara, diantaranya telah kami rangkum dalam pembahasan berikut ini:

  1. Menghindari Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tentunya akan sangat berbahaya apabila diderita oleh seseorang. Penyakit ini menyebabkan si penderita mempunyai kadar gula yang sangat tinggi dalam tubuhnya. Namun jangan khawatir, dengan ekstrak daun bidara yang telah diolah, resiko diabetes dapat dikurangi atau dicegah.

Hal ini dikarenakan dalam daun bidara terdapat ekstrak senyawa yang ditemukan dalam daun bidara kering, pada hakikatnya daun bidara kering memberikan perlindungan pada badan dari rusaknya system penyusunan kandungan gula dalam tubuh manusia, jadi apabila daun bidara kering ini dikonsumsi secara teratur dan sesuai takaran, bukan tak mungkin nantinya akan terbebas dari yang namanya diabetes.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ibarat sebuah betadine pada jaman sekarang ataukah alkohol sebagai pembersih luka, daun bidara senada dengan dua bahan diatas. Daun bidara memiliki senyawa anti inflamasi yang dapat menjadikan kulit yang terkena luka baik itu sayatan maupun bakar. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengeringkan daun bidara kemudian diproses menjadi bubuk kering yang nantinya akanlebih mudah ditaburkan, campur daun bidara dengan sedikit air sampai jadi pasta selepas itu berikan di bagian yang terluka.

  1. Menghilangkan jerawat

Bagi anda kawula muda yang masih terbebani dengan berbagai jerawat sana sini dan membuat kurang percaya diri, daun bidara bisa menjadi salah satu solusi jitu untuk menyembuhkan berbagai macam jerawat yang menmpel, khususnya di bagian wajah. Caranya sangat mudah, yakni dengan mmengambil beberapa biji daun bidara kemudian ditumbuk secara halus. Setelah itu masukkan di dalam sebuah wadah cangkir atau mangkok dan beri sedikit air agar ekstrak daun tersebut berubah menjadi kental. Setelah itu oleskan pada bagian wajah sebagai masker, sampai mengering. Usai sekiranya 20 menit, basuh wajah dengan air bersih tanpa harus menggunakan sabun dan lihat perbedaan yang akan anda rasakan.

Nah, berbagai manfaat lain dari daun bidara tentunya masih banyak lagi yang belum bisa saya sebutkan satu persatu secara rinci, namun yang pasti, daun bidara memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semoga dengan berbagai manfaat daun bidara yang saya paparkan diatas membuka wawasan anda untuk lebih mengenal tumbuhan satu ini.