kapsulcucidarah

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Agar Tidur Lebih Pulas Atau Nyenyak

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Agar Tidur Lebih Pulas Atau Nyenyakcara-ampuh-mengatasi-insomnia-agar-tidur-lebih-pulas-atau-nyenyakTanpa kita sadari tidur merupakan kebutuhan vital yang musti dilakukan oleh seseorang agar kondisi tubuhnya kembali bugar ketika bangun kembali. Fungsi tidur sangatlah banyak sekali jika ditinjau dalam segi kesehatan. Namun bukan berarti kita dianjurkan untuk selalu tidur setiap saat lho, semua kan ada porsinya masing masing. Pernahkah kita mengalami yang namanya gangguan tidur? Jika pernah mengalami hal yang demikian, maka itulah yang disebut dengan nama insomnia.

Secara rinci insomnia bisa disebut juga dengan gangguan tidur yang dialami oleh manusia, biasanya ketika usia lanjut kita akan sering mengalami yang namanya gangguan tidur atau insomnia ini. Namun tak menutup kemungkinan jika pada saat usia muda mengalami hal yang demikian. Insomnia bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Insomnia memiliki berbagai karakteristik yang bisa dijadikan acuan dalam penanganannya.

Secara garis besar, insomnia bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah stress atau mengalami kekhawatiran berlebih, salah minum obat atau juga dikarenakan keseringan melakukan tidur siang sehingga menimbulkan efek terjaga sepanjang malam. Siklus yang tidak teratur ini nantinya akan mengakibatkan pola hidup yang tak teratur dan cenderung mengakibatkan berbagai macam penyakit lain yang tentunya tak kalah menyeramkan. Oleh karenanya, banyak hal hal yang musti diperhatikan dalam mengatasi insomnia, yakni salah satunya dengan memutus siklus tak beraturan tersebut. Caranya yakni dengan menerapkan pola tidur yang sehat dan menjauhi berbagai hal hal yang dapat menyebabkan seseorang menderita insomnia secara berkepanjangan.

Salah satu cara mengatasi insomnia yang saya sebutkan diatas yakni dengan tidur secara teratur, tak hanya itu saja, tidur teratur ini nantinya juga harus dibarengi dengan keadaan yang nyenyak dan pulas sehingga kita dipastikan tak akan terbangun di malam hari sehingga terjaga. Oleh karenanya dalam kesempatan ini saya akan memberikan berbagai macam tips yang bisa mengatasi insomnia dengan cara tidur pulas dan nyenyak jika berbagai hal di bawah ini dapat terpenuhi :

  1. Tidak terlalu lama tidur siang

Mengatasi insomnia dengan memperbaiki siklus tidur ini adalah dengan tidak terlalu lama tidur siang. Hal ini jika dilakukan dengan rutin nantinya akan membuat kita secara otomatis mengantuk ketika sudah waktunya tidur malam, sekitar pukul 22.00 atau 23.00 paling lambat.

  1. Memilih kasur yang empuk dan nyaman

Langkah mengatasi insomnia dengan tidur nyenyak yang kedua ini adalah dengan memilih kasur yang empuk dan nyaman untuk digunakan, alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan kasur yang terbuat dari bahan kapuk di dalamnya. Hal ini sangat cocok mengingat kadar kenyamanan kasur yang berisi kapuk lebih baik jika dibandingkan dengan kasur yang didalamnya berisi busa.

  1. Mengurangi cahaya

Mengatasi insomnia dengan tidur yang nyaman bisa dilakukan dengan mengurangi cahaya lampu kamar ketika hendar tidur, menurut berbagai penelitian, cahaya lampu yang menyala tidak baik bagi kesehatan. Jadi usahakan kamarmu tetap redup ya saat akan tidur.

  1. Jangan makan sebelum tidur

Mengingat kekenyangan tak baik untuk kesehatan, cara mengatasi insomnia agar tidur pulas yakni dengan tidak mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur. Selain menyebabkan obesitas, menghindari makan sebelum tidur juga sangat baik bagi kesehatan. Jika ingin makan sebelum tidur, lebih baik dilakukan sekitar 60 menit sebelum beranjak untuk pergi tidur.

Itulah tadi rangkaian tata cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia dengan cara tidur pulas dan nyaman, semoga tidur anda malam ini pulas ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *