kapsulcucidarah

Cara Mengatasi Insomnia (Gangguan Tidur) Dengan Metode Relaksasi

Cara Mengatasi Insomnia (Gangguan Tidur) Dengan Metode Relaksasi – Insomnia merupakan sebuah masalah gangguan tidur yang kemungkinan besar akan melanda siapa saja, tak hanya orang dengan usia lanjut, bahkan seseorang yang masih tergolong muda pun akan bisa terkena gangguan insomnia tersebut. Dalam dunia kesehatan, insomnia merupakan salah satu gangguan yang beresiko menimbulkan penyakit baru lantaran kesulitan beristirahat atau dalam hal ini disebut dengan tidur.

cara-mengatasi-insomnia-gangguan-tidur-dengan-metode-relaksasiDalam penerapannya, insomnia dibagi menjadi dua jenis, yakni insomnia primer dan sekunder. Insomnia primer merupakan gangguan tidur yang dialami oleh seseorang lantaran berbagai hal yang bukan berkaitan dengan penyakit, semisal keadaan yang bising, cuaca yang panas atau kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan penderita bisa melakukan kegiatan tidur dengan nyaman. Sedangkan insomnia sekunder merupakan salah satu insomnia yang disebabkan oleh berbagai gangguan lain, seperti merasa nyeri yang berlebih lantaran memiliki penyakit kronis, depresi, stress dan lain sebagainya.

Insomnia sendiri dalam pandangan penelitian yang dilakukan oleh National Institute Of Health pada tahun 1995 mengungkapkan beberapa tahapan yang dialami oleh penderita insomnia. Dimana insomnia yang diderita dibagi menjadi tiga jenis, yakni insomnia sementara, insomnia akut dan insomnia kronis.

Insomnia sementara adalah keadaan dimana penderita akan mengalami gejala insomnia selama beberapa hari saja. Sedangkan insomnia akut adalah gangguan yang muncul selama beberapa hari sebelum mencapai angka satu bulan, nah untuk insomnia kronis adalah insomnia yang diderita selama beberapa hari dengan rentang waktu selama lebih dari satu bulan. Insomnia jenis ini nantinya akan menimbulkan efek seperti berhalusinasi tinggi  pada si penderita.

Dalam perkembangannya, insomnia diketahui memiliki berbagai pemicu atau penyebab yang akan membuatnya tetap bersarang pada si  penderita. Biasanya penyebab utama yang dialami oleh penderita insomnia ini diantaranya adalah kondisi dimana seseorang tersebut kecanduan dengan obat obatan, selain itu, penyebab lain yang bisa menjangkit insomnia yakni lantaran banyaknya konsumsi tembakau dan alkohol bagi si penderita. Sedangkan penyebab lain lainnya adalah munculnya berbagai kondisi psikologis yang tak memungkinkan seperti traumatis, frustasi sehingga kesulitan untuk tidur.

Cara mengatasi insomnia dilakukan dengan berbagai cara, salah satu cara yang paling terkenal dan terbukti banyak diminati oleh kaum beragama Islam adalah dengan metode relaksasi dzikir. Metode mengatasi insomnia dengan dzikir ini didasarkan atas berbagai hal yang tentunya menjadi patokan sehingga menghasilkan kombinasi relaksasi yang terbukti ampuh membantu penderita insomnia kembali menemukan jalan kedamaian sebelum memejamkan mata.

Relaksasi dzikir merupakan bentuk sikap pasif atau yang dikenal dengan pasrah dengan menggunakan kata kata bermakna yang dilakukan secara berulang ulang sehingga nantinya menghasilkan efek relaksasi yaitu ketenangan batin. Respon ketenangan yang digabungkan dengan keyakinan ini sudah lama dikembangkan yakni di tahun 2000 oleh Benson, dimana dalam pernyataannya, beliau menggambarkan metode penggabungan ini lebih efektif bila dibandingkan dengan relaksasi yang tidak melibatkan faktor keyakinan (tentunya hal juga didukung oleh penelitian)

Namun yang perlu diingat dalam relaksasi dzikir ini adalah memilih kata kata bermakna yang dipakai, biasanya relaksasi dzikir akan menggunakan kata kata yang mempunyai makna yang sangat tingggi dalam sebuah keimanan, khususnya Islam. Kata yang digunakan yakni Yaa Allah, ahad.. ahad.., alhamdulillah, atau menggunakan asmaul husna. Arti dizkir sendiri adalah ingat, jadi perbuatan dzikir lebih pada makna dari pada verbalisasinya. Bagaimana, sangat mudah kan relaksasi menggunakan metode dzikir, bukan hanya mudah, nantinya kita juga akan menjadi lebih yakin dan pastinya mendapatkan pahala yang setimpal lantaran berdzikir merupakan sebuah ibadah, jadi jangan sampai lupa berdzikir sebelum tidur ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *