kapsulcucidarah

Cara Mengatasi Insomnia Gangguan Tidur

gangguan-tidurTips Mengatasi Insomnia (Gangguan Tidur) Dengan Metode Bootzin – Mempunyai masalah dalam gangguan tidur menjadi masalah tersendiri bagi setiap insan, bagaimana tidak, tidur yang seharusnya dilakukan dengan tujuan mengistirahatkan raga usai bekerja seharian merupakan sebuah kewajiban. Namun bagaimana jika kita dihapakan dengan masalah gangguan tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Hal ini tentunya menjadi hal sangat tidak enak. Dimana insomnia yang kita derita akan semakin menguras tenaga lantaran tidak bisa tidur semalaman, lebih parahnya lagi nantinya kita juga akan dihadapkan dengan berbagai penyakit lain yang siap mengintip lantaran kita jarang melakukan aktivitas tidur tersebut.

Gangguan tidur atau insomnia biasanya melanda pada sosok seseorang yang sudah menginjak usia lanjut, dimana banyak penelitian yang menujukkan bahwa dengan lanjutnya usia, seseorang akan secara wajar mengalami yang namanya insomnia dengan gejala yang ditimbulkan berupa sering terbangun di malam hari dan susah untuk melanjutkan tidur tersebut. Namun dibalik itu semua, tak menutup kemungkinan bagi kita yang masih berada di usia muda juga terkena insomnia ini. Oleh karena itu sebaiknya kita lebih mengetahui apa yang namanya insomnia tersebut.

Secara garis besar, insomnia bisa dibedakan menjadi 3 jenis tergantung lamanya masa insomnia yang diderita oleh seseorang. Dimana insonia tersebut dikenal dengan insomnia sementara, insomnia akut dan insomnia kronis. Insomnia sementara sendiri biasanya diderita selama beberapa hari saja, hal ini biasanya dikarenakan kondisi lingkungan yang tak mendukung untuk beristirahat, dan lain sebagainya. Sedangkan yang disebut dengan insomnia akut adalah keadaan dimana seseorang tidak tidur selama berberapa hari dan berlangsung terus menerus selama kurang dari sebulan. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya sift malam dalam kerja, atau lantaran berbagai hal lain yang membuat kita terjaga. Sedangkan yang disebut dengan insomnia kronis adalah masa dimana seseorang tersebut sulit untuk tidur dalam rentang waktu yang lama, lebih dari satu bulan. Bisanya penderita tersebut akan mengalami berbagai macam hal seperti mengalami halusinasi yang berkepanjangan.

Dari berbagai riset yang telah di ujicobakan, banyak diantaranya membahas mengenai bagaimana cara mengatasi insomnia. Namun secara garis besarnya, cara mengatsi insomnia dibagi menjadi dua macam, yakni metode bootzin dan metode relaksasi. Dalam perkembangannya nanti, metode metode ini menjadi lebih berkembang dan bervariasi sesuai dengan kondisi pasien yang sedang mengalami insomnia.

  1. Metode bootzin

Metode bootzin merupakan cara mengatasi insomnia yang biasanya dilakukan dengan berbagai cara seperti di bawah ini:

  1. Menetapkan prinsip dalam hidup bahwa setiap malam hanya pergi tidur ketika merasa sudah mengantuk, jadi apabila belum merasa mengantuk anda tidak disarankan untuk berada di atas kasur.
  2. Melanjutkan poin yang pertama, jika sudah 15 menit berada di atas ranjang namun tak juga mengantuk dan tertidur, lebih baik lakukan hal lain diluar ruangan sehingga rasa kantuk anda datang kembali.
  3. Untuk memudahkan anda tidur pada jam yang tepat, sebaiknya jangan biasakan diri untuk tidur siang.
  4. Yang terakhir adalah dengan menghindari berbagai pekerjaan selain tidur di kamar tidur, misalnya seperti bermain dengan gadget atau sekedar menonton film diatas ranjang. Kecuali jika ingin melakukan hubungan intim dengan suami atau istri.

Nah, itulah tadi bagaimana cara mengatasi insomnia dengan menggunakan metoode bootzin, cukup mudah bukan dilakukan. Asala semuanya dilakukan dengan cermat dan teratur, insomnia kemungkinan besar tak akan melanda anda.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pusat Herbaruqyah yang insyaAllah banyak khasiat dan manfaatnya

Pesan herbaruqyah Sekarang