kapsulcucidarah

Cara Mengobati Luka Dengan Sabun Bidara

mengobati-luka-1Cara Mengobati Luka Dengan Sabun Bidara – Kulit terdiri dari bagian teratas, disebut epidermis, dan bagian di bawahnya disebut dermis. Sebagai bagian terluar dan terluas dari tubuh, kulit rentan untuk terkena goresan dan terluka.

Luka sendiri adalah sesuatu kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh yang dikarenakan suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi (wikipedia). Sedangkan menurut  Taylor (1997) Luka adalah suatu gangguan dari kondisi normal pada kulit. Menurut  Kozier ( 1995) luka adalah kerusakan kontinyuitas kulit, mukosa membran dan tulang atau organ tubuh lain.

Pada umumnya, luka lecet terjadi di lapisan epidermis kulit. Luka ini tidak separah luka sayat atau robek, yang menyebabkan perdarahan hebat. Tetapi luka lecet yang dalam dapat meninggalkan bekas atau jaringan parut pada kulit.

Luka lecet adalah salah satu dari jenis luka terbuka (open wounds) yang dapat terjadi pada permukaan luar kulit. Jenis-jenis luka lainnya yang dapat terjadi adalah:

  • Luka sayat, umumnya akibat benda tajam seperti pisau cukur atau pecahan kaca. Luka ini menyebabkan pendarahan yang cepat dan banyak.
  • Luka robek menyebabkan luka yang dalam pada kulit yang dapat mengakibatkan perdarahan dalam volume banyak. Biasanya juga disebabkan karena benda tajam seperti pisau.
  • Luka tusuk akibat tusukan benda-benda runcing, seperti paku. Meski tidak banyak mengeluarkan darah, tapi luka ini dapat merusak organ dalam tubuh.
  • Luka terkelupas: jaringan dan kulit terkelupas sebagian atau seluruhnya karena tembakan ataupun ledakan.

Luka harus ditangani dengan baik untuk menghentikan dan mencegah perdarahan. Perdarahan yang banyak dapat berisiko mengancam nyawa. Penanganan luka juga bertujuan untuk mencegah infeksi selama proses penyembuhan luka.
Hampir setiap orang pernah mengalami luka dan berdarah. Pada anak-anak, luka sering terjadi karena berbagai sebab seperti terpeleset, terjatuh, berkelahi, dan lain-lain. Luka

bisa ringan dan dapat ditangani sendiri di rumah, tetapi bisa juga serius sehingga memerlukan pertolongan dokter.Penyembuhan luka memiliki waktunya sendiri dan tidak dapat dipercepat. Yang dapat kita lakukan biasanya adalah dengan merawat luka dengan baik agar tidak terjadi infeksi karena bila terjadi infeksi penyembuhan luka akan terganggu dan berlangsung lebih lama. Berikut ini adalah beberapa cara penanganan nya:

  • bersihkan luka secara teratur, yaitu setiap hari atau bila pembalut luka basah atau kotor
  • sebelum membersihkan luka, pastikan tangan Anda bersih
  • luka sebaiknya dibersihkan dengan salin normal, yaitu cairan infus, atau air bersih. Untuk luka yang sudah mengering Anda dapat melakukan kompres dengan salin normal selama beberapa saat untuk membantu melunakkan luka yang kering; bila tidak berhasil Anda dapat melakukannya berulang kali tetapi jangan paksakan untuk menghilangkan luka yang mengering tersebut. Pada akhirnya luka yang mengering itu akan terkelupas dengan sendirinya jika lapisan kulit baru di bawahnya sudah tumbuh. Biasanya luka yang mengering ini perlu dihilangkan jika dibawah kulit kering ini terlihat penumpukan nanah. Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda menemui dokter. Hindari melakukan tindakan ini tanpa anjuran dokter karena apabila tindakan ini tidak dilakukan dengan tepat akan memperburuk infeksi
  • hati-hati ketika membersihkan luka, jangan menggosok luka terlalu keras karena dapat menimbulkan luka baru
  • jangan menggunakan sabun
  • jangan menggunakan alkohol
  • penggunaan antiseptik direkomendasikan untuk luka yang terinfeksi
  • jagalah agar luka tetap kering

Baca JugaManfaat Daun Bidara Untuk Mengatasi Kulit Kering

Alhamdulillah Sekarang sudah hadir produk Herbal bidara yang telah di proses menjadi sabun bidara yg manfaatnya sudah banyak dibuktikan..sabun terapi bidara plus diramu dengan bahan alami berkwalitas tanpa menggunakan pengawet, pewarna & pewangi sintetik, sekian informasi yang telah di berikan mengenai Cara Mengobati Luka Dengan Sabun Bidara semoga menjadi perantara kesembuhanya ya.

 

jngan lupa sehatkan indonesia dengan herbal

produk  Herbal ruqyah herab hati bisa dicek di SINI

cekdi www.tokopedia.com/sarehatstore

www.bukalapak.com/sarehatstore

WA :081320096052

FB: Abu Herba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *