kapsulcucidarah

Ciri Ciri Tumbuhan Daun Bidara Yang Perlu Kita Ketahui

ciri-ciri-tumbuhan-daun-bidara-yang-perlu-kita-ketahuiTumbuhan herbal daun bidara, memang merupakan salah satu tanaman obat yang jarang sekali ditemui didaerah perkotaan pasalnya memang sudah sangat jarang sekali orang yang akan menanamnya di kota.

Tanaman bidara atau biasa disebut juga Widara ini bisa tumbuh baik di daerah kering dan juga tandus. Dan jika anda ingin mencari daun bidara ini, mungkin anda masih bisa menemukannya di daerah pedesaan dimana masih banyak sekali lahan yang bisa digunakan untuk menenaman tanaman herbal bidara ini.

Tanaman Bidara ini juga dikenal dengan nama Rhamnaceae serta memiliki nama latin atau ilmiah Ziziphus muritiana ini merupakan tanaman yang berasal dari daerah Asia Tengah seperti arab, dan juga termasuk Indonesia beruntung bisa membudidayakan tanaman bidara ini.

Tanaman Bidara ini memiliki banyak sekali sebutan, dikarenakan disetiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda untuk tanaman Bidara ini. Ciri-ciri utama dari tumbuhan daun bidara ini adalah bentuk daunnya yang berbentuk bilat kecil.

Pada bagian tangkainnya, tanaman bidara ini memiliki duri, bunganya kecil putih berbulu dan memiliki aroma yang sangat wangi. Tanaman bidara ini, mengluarkan bunga dinatar bulan Juni dan juga Agustus, dan untuk buahnya akan memulai proses matang pada saat bulan Oktober hingga Desember.

Buah dari tanaman Bidara ini berwarna hijau pekat pada saat masih muda, memiliki tektsur yang buah dan bijinya keras, untuk daging buahhnya sendiri memiliki tekstur lembek dan rasanya sangat asam.

Banyak sekali manfaat daun bidara yang bisa digunakan oleh seseorang, dan bahkan daun bidadara ini juga bisa digunakan sebagai obat. Diantaranya digunakan untuk memandikan orang demam, sebagai obar luar, mengobati penyaki lambung dan usus, bahkan bisa digunakan sebagai obat penurun demam.

Daun bidara juga bisa digunakan untuk media ruqyah juga, caranya daun bidara ini ditumbuk halus, lalu dilarutkan didalam sebuah air dan sudah disertai dengan bacaan Al-Qur’an. Daun bidara juga bisa digunakan untuk mengusir gangguan jin maupun pengaruh dari ilmu sihir.

Manfaat daun bidara lainnya, juga dipercaya bisa membersihkan aura negatif yang ada pada wajah seseorang. Mandi dengan menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara, dapat mengembalikan aura kecantikan wajah seseorang sehingga bisa nampak berseri kembali.

Bagi anda yang seorang peternak, maka daun bidara juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pakan untuk ternak padaa saat musim hujan tiba. Tidak hanya daun nya saja, tumbuhan herbal daun bidara ini ternyata pada bagian kayunya juga bisa dimanfaatkan sebagai barang kerajinan, seperti contohnya untuk perabotan rumah tangga. Kulit kayu serta buah dari tanaman Bidara ini juga bisa digunakan untuk pewarna alami nanti.

Baca Juga : Penyebab Dan Tips Mengobati Insomnia Yang Perlu Kita Tahu

Dari berbagai manfaat daun bidara yang kita bahas diatas, ternyata manfaat dari daun bidara yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai pengusir gangguan jin atau pengaruh dari ilmu sihir. Meskipun secara prakteknya untuk mengobati sihir tersebut tidaklah anjuran dari Rasulullah SAW.

Namun demikian, banyak dari kalangan para ulama Indonesia yang menyepakati atau mengizinkan praktek tesebut sebagai metode penyembuhan penyakit dari gangguan mahkluk halus tersebut dikarenakan tidak melanggar syariah dan juga hukum islam. Karena sejatinya, manusia hanya berikhtiar saja dan hanya ALLAH yang menentukan hasilnya nanti.

Semoga informasi tentang ciri-ciri tumbuhan bidara ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkan. Terima kasih

Comments

comments

Leave a Reply

pusat Herbaruqyah yang insyaAllah banyak khasiat dan manfaatnya

Pesan herbaruqyah Sekarang