kapsulcucidarah

Ciri Dan Tanda-Tanda Gejala Insomnia

cara-mengatasi-insomnia-secara-alami-dan-mudahCiri Dan Tanda-Tanda Gejala Insomnia – Insomnia atau yang lebih dikenal dengan nama gangguan tidur merupakan sebuah gangguan yang bisa terjadi pada siapa saja, bukan hanya golongan kaum dewasa yang bisa mengidap insomnia, melainkan kawula muda juga sebenarnya sangat berpotensi menderita insomnia apalagi gaya hidup kaum muda saat ini cenderung berfoya foya dan menghabiskan malam di berbagai klub atau tempat hiburan lain sembari meminum beberapa alkohol.

Didasarkan pada faktor yang menyebabkan adanya insomnia ini ada dua macam yakni insomnia primer dan insomnia sekunder, dimana insomnia primer merupakan insomnia yang terjadi akibat berbagai gangguan yang yang terjadi di sekitar kita, misalnya karena cuaca yang panas, bisingnya area perumahan dan cahaya yang terlalu berlebih dalam ruangan. Sedangkan insomnia sekunder merupakan insomnia yang diderita akibat adanya berbagai gangguan kesehatan sepereti asma, kanker dan penyakit lainnya.

Ditilik dari lamanya waktu gangguan yang diderita, insomnia juga dibedakan menjadi dua jenis, dimana jenis yang pertama adalah insomnia akut. Insomnia akut terjadi pada seseorang yang terkena gangguan tidur dalam kurun waktu beberapa har kemudian menghilang dengan sendirinya, sedangkan yang kedua disebut dengan insomnia kronis. Insomnia kronis yakni insomnia yang dialami secara terus menerus dalam kurun waktu lebih dari satu bulan sehingga menimbulkan berbagai efek seperti salah satunya adalah penderita akan sering mengalami yan namanya halusinasi.

Gangguan tidur atau insomnia yang dialami penderita memang sedikit banyak dapat mempengaruhi berbagai kinerjayang akan dihasilkan, apalagi dengan berkurangnya fungsi organ tubuh yang dapat mengakibatkan daya tahan tubuh merosot, penderita insomnia akan dikhawatirkan bisa terkena berbagai penyakit lain yang lebih parah di kemudian hari.

Secara garis besar, insomnia dapat dilihat dengan berbagai ciri ciri berikut ini:

  • Kelelahan yang berlebihan
  • Sakit di berbagai bagian tubuh seperti leher, punggung bahkan sampai dengan sakit kepala
  • Napas tersengal sengal dan detak jantung menjadi tidak stabil
  • Tempramental, yakni sering mengalami emosi yang berlebihan
  • Kembung dan perut mengalami nyeri yang tak tertahankan
  • Tangan mudah sekali berkeringat

Dari ciri-ciri yang sudah digambarkan diatas, dapat ditarik berbagai kesimpulan dimana penderita insomnia pastinya akan sering mengalami gejala-gejala seperti penuturan dibawah ini:

  1. Gejala insomnia yang pertama yakni penderita akan susah mengalami tidur, baik itu lantaran faktor primer maupun sekunder seperti yang disebutkan di atas, atau dengan rentang waktu yang lama atau singkat hingga bisa dikatakan sebagai insomnia akut atau kronis.
  2. Gejala insomnia yang kedua yakni sering terbangun di malam hari, hal ini biasa terjadi lantaran berbagai faktor, namun untuk penderita insomnia kejadian seperti ini merupakan efek sisi psikologis yang sedang terganggu lantaran adanya berbagai hal yang menyelimuti, seperti kecemasan yang berlebih hingga depresi.
  3. Gejala insomnia yang selanjutnya yakni sulit memejamkan mata, meski sudah dicoba dengan sekuat tenaga mencoba memejamkan mata, namun raga tetap tak bisa tidur. Berbagai kemungkinan lain seperti terus terusan memandangi pergerakan detak jam yang berputar.
  4. Gejala insomnia yang terjadi selanjutnya adalah sering mengeluh akibat berbagai masalah psikis seperti perasaan cemas, tegang, khawatir, atau mengingat secara terus-menerus masalah-masalah pada masa lalu atau terlalu memikirkan bagaimana masa depan sehingga menimbulkan efek ketakutan yang menyebabkan sulit tertidur.

Demikian tadi sedikit pembahasan mengenai berbagai ciri ciri dan gejala yang dialami oleh penderita insomnia, jadi bisakan hidup sehat mulai sekarang agar terhindar dari insomnia yang pastinya akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *