kapsulcucidarah

Manfaat Daun Bidara Dan Kehidupan Manusia


ciri-ciri-tumbuhan-daun-bidara-yang-perlu-kita-ketahuiDaun Bidara Dan Kehidupan Manusia
Bidara merupakan sebuah tanaman yang pastinya sudah tak asing lagi ditelinga kita, berbagai artikel telah banyak diperbincangkan mengenai tanaman bidara ini. Tak hanya itu, daun bidara yang ternyata memilikikhasiat nyata selalu banyak diperbincangkan diberbgai media. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah berbentuk seperti belukar. Daun bidara berbentuk melingkar atau elips yang berwarna hijau mengkilap. Buah dari tanaman ini berbentuk lingkaran kecil dan berwarna hijau kemudian berubah menjadi kuning kecoklatan ketika sudah masak.

Secara garis besar jenis jenis tanaman bidara dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, ada yang namanya bidara cina, bidara laut dan bidara arab, untuk lebih jelasnya mengenai penjelasan tersebut, simak penuturannya berikut ini:

  1. Bidara Cina

Bidara Cina, Ziziphus zizyphus ataujuga disebut ziziphus jujuba (dari bahasa Yunani ζίζυφον, zizyfon), biasa disebut jujube (kadang-kadang jujuba), kurma merah, kurma Cina, kurma Korea, atau kurma India adalah spesies Ziziphus atau bidara dalam keluarga buckthorn (Rhamnaceae), digunakan terutama sebagai pohon rindang yang juga berbuah. Bidara cina ini merupakan tumbuhan pohon kecil atau semak yang mencapai 5-10 meter. Berbagai khasiat yang telah didengungkian dari daun bidara cina ini banyk sekali nampaknya.

  1. Bidara Laut

Bidara laut (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon penghasil buah yang tumbuh di daerah pantai atau di pinggir-pinggir laut. Bidara jenis ini banyak ditemukan di pinggir pinggir laut dan digunakan sebagai obat untuk mengobati mabuk laut.

  1. Bidara Arab

Karena berasal dari Arab, bidara arab memiliki keunikan tersendiri, yakni pohon yang relatif kecil dan biasa tumbuh di daerah kering. Dalam perkembangan berbagai Agama, bidara Arab memiliki peranan penting. Tumbuh di Israel di lembah-lembah sampai ketinggian 500 m.

Ziziphus spina-christi mempunyai makna penting bagi orang-orang Yahudi, Kristen dan Muslim.

Lebih lanjut mengenai daun bidara dan manfaatnya untuk kehidupan manusia, saat ini sudah banyak diperbincangkan bagaimana khasiat yang biosa diperoleh dari mengkonsumsi daun bidara ini. Nah dalam kesempatan kali ini saya sudah merangkumnya sebagai sberikut:

  1. Daun bidara untuk Sakit Gigi

Daun bidara mengandung zat kimia metil stearat, alphaterpineol, linalool, metilester, dan lain lain berfungssi untuk mempercepat penyembuhan dari dalam dan meredakan sakit pada gusi yang meradang akibat gigi berlubang. Cara memanfaatkannya yakni dengan mengambil 7 lembar daun bidara kemudian cuci bersih dan rebus, tabur garam secukupnya. Ramuan ini dimunim sampai gigi kembali normal.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Untuk anda yang memang memiliki kadar gula yang sangat tinggi atau diabetes, dapat memanfaatkan khasiat daun bidara sebagai obet ataupun alat pencegahan dini. Senyawa kimia yang berada pada daun bidara dipercaya ampuh mengembalikan kadar gula dalam darah menjadi normal. Namun untuk hal ini jangan dilakukan secara mandiri atau manual, lebih baik takaran yang dikonsumsi untuk daun bidara ini lebih di diskusikan lagi dengan pihak dokter.

  1. Daun Bidara Untuk Meringankan Luka Bakar

Dikenalkan pertama kali di India, Daun Bidara dimanfaatkan sebagai ppenyembuh luka bakar, daun bidara segar yang memiliki efek dingin yang bisa ditempelkan pada kulita yang terbakar.

  1. Daun bidara untuk menambah nafsu makan

Daun bidara juga bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan. Hal ini dikarenakan senyawa dan juga aroma menyegarkan yang terdapat pada daun bidara dapat menambah nafsu makan seseorang. Dalam kasus ini biasanya daun bidara dijadikan teh terlebih dahulu atau dengan membeli berbagai olahan yang sudah jadi.

Demikian sedikit uraian mengenai manfaat daun bidara bagi kehidupan, semoga bermanfaat ya !

Comments

comments

Leave a Reply

pusat Herbaruqyah yang insyaAllah banyak khasiat dan manfaatnya

Pesan herbaruqyah Sekarang