kapsulcucidarah

Mengatasi Penyakit Jamur Dengan Sabun Bidara

JamurMengatasi Penyakit Jamur Dengan Sabun Bidara –  Penyakit jamur, masih memiliki prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia, mengingat negara kita beriklim tropis yang mempunyai kelembapan tinggi. Jamur bisa hidup dan tumbuh di mana saja, baik di udara, tanah, air, pakaian, bahkan di tubuh manusia. Penyakit jamur (Mikosis) pada manusia dapat dibedakan atas Mikosis profunda atau sistemik(penyakit jamur yang mengenai alat dalam) dan mikosis superfisial yaitu penyakit jamur yang mengenai lapisan permukaan kulit, yaitu stratum korneum, rambut dan kuku.

Penyakit jamur biasanya disebabkan oleh jamur yang umum ditemukan di lingkungan kita, termasuk tanah, tanaman, pohon, dan bahkan pada kulit kita dan bagian lain dari tubuh. Gejala infeksi jamur tergantung pada jenis dan lokasi di dalam tubuh. Infeksi jamur mungkin ringan, dalam bentuk ruam atau masalah pernapasan ringan. Namun, beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur bisa berat dan dapat menyebabkan komplikasi serius dan kematian. Di sini, pada artikel ini kita daftar penyakit umum yang disebabkan oleh jamur, termasuk penyebab, gejala dan pilihan pengobatan untuk setiap kondisi. Penyakit umum yang Disebabkan oleh Jamur adalah sebagai berikut.

Jenis infeksi jamur ini sangat umum terjadi dan dapat dialami oleh siapa saja. Meski demikian, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko tinggi untuk mengidap infeksi jamur. Contohnya,  orang yang menjalani kemoterapi, pengguna kortikosteroid, serta pasien di rumah sakit.Gejala dari infeksi jamur sangat beragam, tergantung bagian tubuh yang tertular dan jamur penyebabnya. Tanda klinis dari infeksi jamur ringan pada kulit kerap terlihat seperti ruam kulit biasa dan sering sekali terjadi. Sementara, infeksi jamur pada paru-paru memiliki gejala yang mirip dengan flu atau tuberkulosis.

Karena memiliki karakteristik yang unik, maka jamur di masukkan ke dalam kategori tersendiri. Sama seperti bakteri, jamur ada yang memiliki karakteristik yang baik dan ada juga yang justru mampu menyebabkan penyakit.Biasanya jamur menyerang kulit bagian luar, kulit kepala bahkan mampu menyerang dan tertinggal di dalam kuku. Bila seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, seperti mengidap penyakit AIDS, maka jamur dapat menyerang semua bagian tubuhnya, bahkan bisa menyerang sampai ke rongga mulut.

Di alam ini terdapat kurang lebih 10.000 jenis jamur. Namun hanya 20 jenis saja yang menyebabkan penyakit jamur kulit. Karena jamur ini termasuk tumbuhan yang tidak mempunyai hijau daun, maka dapat hidup secara saprofit (numpang hidup) atau parasit (numpang makan). Namun kedua cara hidupnya ini merugikan organisme hidup lain yang ditumpangi, tak terkecuali manusia. Bahkan golongan jamur yang bersifat oportunistik yang tidak menimbulkan penyakit, bisa juga menimbulkan penyakit apabila ada faktor-faktor tertentu. Namun jamur golongan ini jumlahnya tidak banyak, yakni 12 jenis. Kenyataan dari hasil penelitian menunjukkan prevalensi penyakit jamur pada binatang meningkat seiring bertambah padatnya populasi binatang tersebut.

Pertama, kontak langsung dengan kulit dan rambut yang mengandung jamur baik dari manusia maupun binatang. Sedang yang kedua adalah tidak langsung, ini dapat melalui tanaman, kayu yang dihinggapi jamur, air dan melalui barang-barang atau alat-alat pakaian dan lainnya yang mengandung jamur. Jamur ada di sekeliling kehidupan manusia oleh sebab itu kulit gampang terkena jamur semisal panu.

Penyebabnya pun mudah, sebab bagian terkecil dari jamur yang disebut spora mudah terbawa oleh udara. Nah, bila spora ini hinggap pada pakaian atau kulit orang yang sehat dan di tempat ini lingkungannya menunjang maka ia akan berkembang. Selanjutnya, pada tempat yang baru ini spora berkembang menjadi benang jamur (hifa), kebetulan sekali kalau tempat yang baru ini kulit terinfeksi maka timbullah penyakit. Penularan pun terjadi, bila terjadi kontak kulit

Apabila terjadinya pengembangbiakan di kepala (kurap kepala) akan nampak gejala seperti pitak dengan bercak abu-abu dan bersisik menyerupai sarang lebah dan melekat kuat di kulit kepala. Sedang rambut yang terkena infeksi, akan patah dan yang tertinggal adalah ujung rambut yang penuh spora. Kurap kepala ini akibat jamur microsporum sp dan trichophyton sp. Sedang kurap pada badan/lipatan paha, akan menyebabkan bercak merah bersisik yang pada tepinya ada bintil-bintil. Penyebabnya adalah trichophyton sp, apabila terdapat di badan. Sedangkan di lipatan paha penyebabnya adalah epidermohyton sp.

Panu, bisa ditandai dengan bercak putih atau abu-abu atau kemerah-merahan. Besarnya dapat sebesar jarum pentul sampai seluas badan. Penyebabnya pityrosporum orbicularae yang hidup saprofit pada kulit yang normal. Pada kandidosis kuku (tinea unguium), penyebabnya juga trichophyton sp, dimana gejalanya menjadikan kuku tebal, mengeras dan berlekuk-lekuk, kadang-kadang berwarna kecoklatan. Sedang kandidosis kulit, gejalanya berupa bercak kemerahan, basah bersisik disertai bintil-bintil merah sebagai satelit yang melingkari kercak sersebut. Penyebabnya adalah candida albicans.

Untuk membantu diagnosis, tempat yang terkena dikerok atau ditempeli pita vinil sehingga sisiknya terambil. Kemudian sisik ini diperiksa dengan larutan KOH 20%, selanjutnya di bawah mikroskop akan terlihat spora dan hifa dari jamur itu. Sedang untuk mengetahui jenis jamur penyebab, hal ini dapat dilakukan pada biakan yang mengambil langsung dari sisik-sisik jamur itu, sebab dengan mengetahui jamur penyebab, dapat pula diketahui penyebaran penyakit.

Baca JugaMinyak Bidara Yang Berkhasiat Untuk Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Ada beberapa macam obat jamur yang biasa dipakai. Yang ditelan pada penyembuhan kurap digunakan griseofulvin dan nistatin untuk kandidosis. Sedang yang disuntikkan dapat digunakan amfoterisin B, ini untuk jamur yang menyerang organ dalam tubuh. Sedangkan yang untuk dioleskan dapat berupa bedak bedak sepertii asam undesilihat, cairan seperti larutan gentian violet untuk kandidosis dan salep whitfield yang berisi asam benzoate dan asam salisilat.

Terakhir, herbal bidara hadir dengan Mengatasi Penyakit Jamur Dengan Sabun Bidara ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit kulit, dengan sifat yang alami insya allah menjadi perantara kesembuhan yang lebih aman dan terjangkau,, semoga bermanfaat.

jngan lupa sehatkan indonesia dengan herbal

produk  Herbal ruqyah herab hati bisa dicek di SINI

cekdi www.tokopedia.com/sarehatstore

www.bukalapak.com/sarehatstore

WA :081320096052

FB: Abu Herba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *