kapsulcucidarah

Penyebab Dan Tips Mengobati Insomnia Yang Perlu Kita Tahu

tips-dan-cara-mengatasi-insomnia-susah-tidurPenyebab Dan Tips Mengobati Insomnia Yang Perlu Kita Tahu – Insomnia bukanlah sebuah penyakit, namun gejala yang akan menyebabkan berbagai macam penyakit, baik itu penyakit emosional, kelainan fisik maupun efek ketergantungan terhadap berbagai obat obatan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, macam macam insomnia tentunya telah dibagi menjadi berbagai tingkatan yang pastinya memiliki karakter masing masing. Untuk itulah dalam kesempatan yang sangat langka ini saya akan membahas mengenai insomnia. Tentunya insomnia sudah melekat di telinga kita, namun apakah kita sudah mengetahui detail bagaimana insomnia ini disebabkan sekaligus bagaimanakah cara mengatasinya, mari kita bahas bersama sama dalam penyebab dan tips mengobati insomnia berikut ini.

  1. Penyebab utama insomnia yakni diabetes, diabetes merupakan salah kondisi penyakit yang menyebabkan insomnia, dengan berbagai kemungkinan yang ada, diabetes mengakibatkan penderita akan selalu melakukan buang air kecil, hal ini tentu akan menganggu pola tidur yang sudah ditat dengan rapi menjadi berantakan.
  2. Menderita sakit kronis merupakan penyebab nyata terjadinya insomnia, dimana penderita akan susah tidur lantaran berbagai nyeri yang dialami di seluruhorgan tubuh.
  3. Penurunan asam atau Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD)GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum terjadi. Gangguan ini bisa membuat antung atau dada terasa terbakar
  4. Gangguan mental seperti kecemanasan dan depresi merupakan penyebab utama anda mengalami insomnia, untuk itu lebih anda harus menghindari berbagai fikiran yang berat sehingga fikiran akan menjadi lebih rileks.

Berbagai cara mengatasi insomnia tentunya sudah banyak kita baca di berbagai pembahasan, namun tak bosannya saya ingin berbagai dengan anda tentang bagaimana cara mengobati insomnia, diantaranya adalah dengan cara berikut ini:

  1. Cara pertama dalam mengobati insomnia adalah dengan menghindari berbagai konsumsi makanan atau minuman yang tidak terlalu bermanfaat misalnya alkohol, hal ini wajar mengingat di belahan bumi timur ini, kita berada di negara yang tropis, dimana tak perlu dipusingkan dengan keadaan dingin yang berlebih. Hal inilah yang menjadi penyebab dimana alkohol memang tak semata mata dikonsumsi tiap hari demi menghangatkan tubuh.
  2. Mengobati inisomnia yang kedua adalah menghindari rokok, rokok mengandung zat yang sudah terbukti membahayakan bagi tubuh kita, apalagi rokok juga memiliki pengaruhyang tidak baik dalam kinerja otak. Untuk lebih baiknya, kita harus menghindari konsumsi rokok minimal 4 jam sebelum tidur.
  3. Cara mengobati insomnia yang selanjutnya yakni dengan membuat suasana kamar yang lebih nyaman, hal ini sangat berpengaruh besar dari sisi psikologis, memang sih bagi kaum laki laki kamar berantakan merupakan hal yang sudah biasa, namun jika akhir akhir ini anda sering mengalami gangguan tidur, cobalah untuk lebih menatanya hingga terlihat rapi dan nyaman untuk ditempati. Selain itu yang tak kalah penting lagi adalah dengan memposisikan diri saat tidur dengan benar. Berkaca pada sunnah Rosulullah Nabi Muhammad SAW, dimana beliau mengajarkan kita untuk tidur dengan posisi berbaring dengan ke arah kanan, bukan kiri. Posisi ini akan membuat otak menjadi lebih rileks, lambung lebih cepat menyerap makanan, dan bahkan bisa mencegah maag.
  4. Cara mengobati insomnia yang selanjutnya yakni dengan memperbanyak minum air putih dan susu, dimana dengan hadirnya air putih sekaligus susu ini nantinya akan membuat badan lebih sehat dan tentunya dibarengi dengan melakukan kegiatan olahraga secara teratur, dengan demikian nantinya kita akan lebih mudah untuk tidur.

Itulah tadi berbagai pembahasan mengenai penyebab dan cara mengobati insomnia yang telah dibuktikan dengan berbagai penelitian, oleh karenanya tetap biasakan hidup teratur dan sehat agar terhindar dari insomnia ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *