kapsulcucidarah

Penyebab Gangguan Tidur Dan Cara Mengatasinya

penyebab-gangguan-tidur-insomnia-dan-cara-mengatasinyaPenyebab Gangguan Tidur (Insomnia) Dan Cara Mengatasinya – Tidur merupakan sebuah kebutuhan hidup manusia yang tidak boleh dipandang sebelah mata, meski terkesan sepele dan membuang waktu, tidur merupakan salah satu cara tubuh memperbaiki diri agar nantinya saat bangun kembali tubuh terasa lebih bugar. Ibarat sebuah mesin, tidur merupakan waktu untuk mendinginkan mesin sebelum dinyalakan kembali, bayangkan saja jika mesin harus beroprasi selama 24 jam tanpa henti dan berlangsung selama beberapa hari, pastilah mesin tersebut akan mengalami penurunan kualitas hingga akhirnya berhenti beraktifitas alias rusak. Hal senada tentunya juga dialami oleh tubuh manusia.

Ada kalanya waktunya istirahat kita gunakan untuk tidur. Sejatinya saat masa kita tidur, sel sel yang ada dalam tubuh akan bekerja dua kali lipat dibandingkan saat kita terjaga demi memperbaiki diri dan sekelingnya. Namun bagaimana jika kita mengalami gangguan tidur atau yang biasa dikenal dengan yang namanya insomnia?

Jawabannya yakni kita harus segera mengatasinya, insomnia memang bukanlah sebuah penyakit, namun gangguan inilah yang nantinya akan mempermudah datangnya penyakit yang lebih kronis dalam tubuh kita. Oleh karenanya kita harus lebih mengerti apa itu yang namanya insomnia dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Dalam kesempatan ini kami akan memaparkan berbagai penyebab utama dalam insomnia sekaligus cara mengatasinya, simak selengkapnya dalam penuturan berikut ini:

Penyebab Insomnia

  1. Penyebab insomnia yang pertama adalah banyaknya gangguan yang sering terjadi di sekitar kita, seperti bising, cuaca yang panas, dilengkapi dengan lingkungan yang tak bersahabat dan memungkinkan kita untuk istirahat.
  2. Insomnia bisa disebabkan karena adanya stress yang dialami terlalu berat, misalnya banyaknya masalah pada pekerjaan atau dalam rumah tangga.
  3. Efek penyakit lain seperti nyeri atau sesak nafas bisa menjadi penyebab utama penderita alami insomnia.
  4. Faktor usia juga menentukan bagaimana insomnia berkembang, umumnya semakin tua umur seseorang, tingkat insomnia yang diderita akan semakin nyata.

Setelah mengeetahui berbagai penyebab insomnia tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita mengambil langkah langkah untuk mengatasinya, dimana berbagai poin berikut ini akan menjadi wakil dalam mengatasi insomnia tersebut:

  1. Cara mengatasi insomnia yang pertama yakni dengan melakukan olahraga secara teratur, dimana selain menguatkian fisik, olahraga j berfungsi menjaga kekabalan tubuh agar tak gampang sakit.
  2. Cara mengatasi insomnia yang kedua yakni menjauhkan diri dari minuman yang beralkohol, minuman beralkohol sangat tidak dianjurkan lantaran memiliki berbagai efek yang sangat tidak baik, selain dapat menyebabkan mabu, alkohol juga mampu membuat orang menjadi pusing bahkan sampai merusak fungsi otak secara perlahan lahan.
  3. Cara mengatasi insomnia yang ketiga yakni dengan memberikan efek nyaman di dalam ruangan tempat tidur.
  4. Cara mengatasi insomnia selanjutnya yakni dengan menghindari menman yang mengandung kafein sebelum tidur, jadi pastikan tidak meminum kpi ataupun teh sesaat sebelum anda tidur.
  5. Cara mengatasi insomnia selanjutnya yaitu dengan menggunakan efek cahaya kamar yang tak terlalu terang, jadi lebih baik redupkan lampu kamar atau mematikannya sekaligus.
  6. Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan mandi air hangat. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, mandi air hangat mampu membuat relaksasi yang lumayan hebat du berbagai otot dan saraf dalam tubuh, efek nyatanya yakni akan membuat tubuh semakin nyaman .
  7. Cara yang terakhir mengatasi insomnia adalah dengan memposisikan diri secara tepat sesaat sebelum tidur. Posisi yang paling tepat dan menurut sunah Nabi Muhammad SAW, yakni dengan berbaring dan menghadap ke kanan, bukan kiri.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai berbagai penyebab dan cara mengatasi masalah insomnia tersebut. Jadi jangan sampai anda terkena insomnia ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *