kapsulcucidarah

Terapi Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Cara Sederhana

penyebab-gangguan-tidur-insomnia-dan-cara-mengatasinya

Terapi Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Cara Sederhana – Insomnia memang selalu menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siapa saja, bukan hanya untuk golongan lanjut usia, insomnia ternyata juga bisa menyerang siapa saja yang memang telah menerapkan pola hidup yang tidak teratur selama ini. Hal ini tentunya sangat membahayakan terlebih untuk anda yang saat ini tercatat sebagai salah seorang pekerja keras demi mengumpulkan pundi pundi rupiah. Alangkah lebih baiknya anda sejenak membaca berbagai kicauan berikut ini yang nantinya akan membahas mengenai yang namanya insomnia. Insomnia diartikan sebagai salah satu gangguan tidur, secara nyata insomnia memang bukanlah sebuah penyakit, namun bisa diartikan sebuah gejala yang nantinya akan mengakibatkan seseorang susah tidur dan bisa menyebabkan berbagai masalah lain yang pastinya akan berhubungan dengan efek kesehatan baik fisik maupun psikis.

Seperti yang kita ketahui, berbagai efek kurang tidur gara gara insomnia bisa menyebabkan sesuatu yang sangat membahayakan, diantaranya adalah penuaan dini. hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa saat kita tidur, sel akan bekerja dua kali lipat demi meregenerasi kembali dirinya untuk memperkuat tubuh manusia, jadi kebayang kan bagaimana jika sel ini tak sempat untuk melakukan regenerasi. Salah satu jalan yang bisa ditempuh untuk mengatasi insomnia ini adalah dengan melakukan terapi sederhana agar kita senantiasa terhindar dari yang namanya insomnia. Terapi sederhana yang bisa dilakukan diantaranya melakukan yoga sebelum tidur, atau mandi air hangat sebelum tidur, dan lain sebagainya. Namun yang perlu diingat adalah, jangan sampai kita terlalu lelah saat hendak tidur, hal ini ternyata juga tidak baik lantaran akan membuat pikiran lelah dan otot otot pegal saat bangun tidur. Oleh karenanya, jika ingin mengatasi insomnia dengan melakukan yoga, lebih baik dilakukan dalam tenggang waktu 40 sampai satu jam sebelum beranjak tidur.

Selain dengan melakukan yoga, terapi mengatasi insomnia yang bisa dilakukan yakni dengan menyiapkan jadwal kegiatan yang teratur dari mulai kita bangun tidur hingga akan tidur. Hal ini ternyata dapat mengubah mainset kita tentang hidupo awut awutan, dengan membiasakan diri mengikuti aturan yang dibuat sendiri, nantinya akan mendidik kita menjadi pribadi yang disiplin dan lebih baik kdepannya. Cara mengatasi insomnia dengan terapi lainnya yakni dengan minum susu dan herbal tea sebelum tidur, khasiat susu dan herbal tea yang sudah tak asing lagi ini nantinya akan membuat tidur kita nyaman dan pastinya lebih berkualitas.

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, salah satu cara mengatasi insomnia dengan cara terapi adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur, ingat air hangat bukan air dingin. Air hangat ini nantinya akan membuat fikiran lebih rileks dan seakan terbebas dari berbagai beban fikiran yang telah menggangu seharian. Kemudian cara mengatasi insomnia dengan terapi selanjutnya yakni dengan membaca berbagai buku buku atau menonton acara tv yang ringan ringan saja, jangan terlalu memaksakan diri membca novel atau menonton film sinetron beratus ratus episode panjangnya. Hal ini dikarenakan sebelum tidur biasanya anda akan mengingat ingat apayang telah anda lakukan seharian ini, jika anda terlalu memikirkan buku atau acara televisi tersebut, kemungkinan besar anda akan susah untuk terlelap.

Lebih lanjut yang tak kalah penting dalam mengatasi insomnia adalah dengan menghindari konsumsi obat obatan berlebih tanpa anjuran atau resep dari dokter, tanpa kita ketahui dosis yang tepat biasanya efek obata akan bermacam macam pada tubuh kita, jadi saya sarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ya. Demikianlah tadi sekelumit terapi sederhana mengatasi insomnia yang bisa saya sampaikan, semoga dapat dipraktekkan ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *