kapsulcucidarah

Tips Dan Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur

tips-dan-cara-mengatasi-insomnia-susah-tidurTips Dan Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur – Susah tidur bukan berarti insomnia, namun insomnia bisa diartikan sebagai gangguan yang menyebabkan kita menjadi susah tidur. Tanpa disadari, sepertiga dari hidup kita ini sejatinya dihabiskan untuk yang namanya tidur. Bayangkan jika para ahli mengemukakan gagasan bahwa tidur dalam satu hari itu lebih baik dilakukan selama 6 sampai dengan 8 jam, tentunya mereka mengemukakan hal tersebut bukan semata mata bualan semata lho, hal ini ternyata telah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang menyimpulkan bahwa tidur merupakan suatu kebutuhan yang tak bisa diabaikan oleh tubuh manusia, dimana tidur berfungsi untuk memperbaiki sel sel yang sudah melakukan pekerjaan berat selama seharian.

Namun jika kita mengalami gangguan tidur atau yang dinamakan dengan insomnia, pasti akan jadi lain ceritanya, karena waktu tidur kita akan semakin berkurang dan lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan berbagai munculnya penyakit lain yang tak kalah hebat.

Secara rinci disebutkan gangguan tidur atau insomnia dibagi menjadi dua jenis yakni insomnia primer dan insomnia sekunder. Dilansir dari berbagai sumber menyebutkan bahwa insomnia primer merupakan masalah gangguan tidur yang dialami seseorang lantaran berbagai hal yang tidak berkaitan dengan masalah kesehatan lain, misalnya saja karena kebisingan, suhu yang terlalu panas, ataupun karena gangguan lain. Sedangkan yang dimaksud dengan insomnia sekunder adalah insomnia yang terjadi karena adanya gangguan kesehatan lain seperti asma, depresi, arthritis, kanker, atau mulas, sakit atau karena zat yang digunakan semisal alkohol.

Mengetahui hal diatas, tentunya akan lebih baik jika kita bisa terhindar dari yang namanya insomnia. Oleh karenanya kebiasaan tidur yang baik sangat ampuh untuk mengatasi insomnia. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal demi menghindari insomnia saya akan membagikan berbagai tips berikut ini :

  1. Membiasakan diri tidur pada jam yang sama dan bangun di pagi hari di jam yang sama, kualitas tidur yang seperti inilah yang nantinya akan membuat kita bisa terhindar dari insomnia.
  2. Cara mentasi insomnia susah tidur yang kedua yakni dengan mengurangi atau bahkan tidak melakukan tidur pada siang hari. Hal ini wajar sekali dilakukan dan harus dibiasakan agar nantinya siklus tidur yang sudah kita jalani dengan baik tidak berantakan.
  3. Hindari kafein, nikotin, dan alkohol di malam hari. Kafein dan nikotin bersifat stimulan dan dapat mencegah Anda untuk tertidur. Alkohol dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan mengganggu kualitas tidur Anda.
  4. Menghindari makan makanan berat di malam hari sesaat sebelum tidur ternyata juga terbuktti ampuh mengatasi insomnia, kondisi kekenyangan saat akan tidur selain menyebabkan obesitas juga mampu mempengaruhi tingkat kesuksesan tidur anda. Lebih baik mengkonsumsi makanan ringan atau malah minum air putih atau susu sebelum tidur.
  5. Menciptakan suasana yang nyaman dapat mempengaruhi psikologis seseorang ketika hendak tidur, kondisi yang bersih ditunjang dengan pemilihan kasur yang empuk dan nyaman pastinya akan membuat tidur kita semakin berkualitas.
  6. Cara mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah dengan memposisikan diri saat berbaring dengan tepat, menurut sunah Nabi Muhammad SAW, sebaiknya kita berbaring dengan menghadap ke kanan, bukan ke kiri.
  7. Cara mengatasi insomnia sehingga memudahkan untuk tidur yakni dengan melakukan rutinitas yang membantu anda lebih bersantai, seperti amndi air hangat membaca buku atau memperdengarkan musik yang menenangkan fikiran.
  8. Melukan kegiatan ringan yang membantu anda mengantuk dengan sendirinya bisa memnghindrkan insomnia, misalnya jika anda tak mengantuk, anda bisa coba membaca buku ringan sampai anda merasakan ngantuk

Itulah tadi berbagai tips yang bisa saya paparkan mengatasi insomnia, semoga dapat bermanfaat ya !

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pusat Herbaruqyah yang insyaAllah banyak khasiat dan manfaatnya

Pesan herbaruqyah Sekarang