Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Sembelit Sederhana dan Efektif

Salah satu masalah pencernaan umum yang bisa terjadi mulai dari pada anak-anak hingga orang dewasa adalah sembelit. Gangguan pencernaan ini menjadi sangat menyiksa ketika penderitanya tidak BAB bahkan ketika sudah 2 hari lebih. Jika perut terasa penuh dan mulai tak nyaman, maka minyak zaitun untuk sembelit bisa Anda andalkan.
 

Mengapa minyak zaitun dianjurkan bagi penderita sembelit?

 
Ada berbagai alasan dan manfaat dari minyak zaitun yang bisa Anda peroleh. Berikut Cara Penggunaan minyak zaitun untuk sembelit sederhana dan efektif:
 
– Merangsang sistem pencernaan.
– Membuat feses lunak.
– Menjadi laksatif alami.
– Menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Sembelit Sederhana dan Efektif

 
1. Minyak Zaitun Dicampurkan ke Susu
Untuk mengatasi sembelit, Anda juga bisa menyediakan segelas susu putih hangat yang kemudian ditambahkan dengan sesendok makan minyak zaitun ekstra virgin ke dalamnya. Setelah mengaduknya rata, Anda bisa meminum susu tersebut selagi hangat. Lebih dianjurkan untuk menikmatinya setiap pagi sebelum perut terisi makanan apapun.
 
2. Minyak Zaitun Campur Nanas
Banyak orang meyakini bahwa buah nanas adalah salah satu buah yang baik untuk mengatasi sembelit. Ini karena enzim di dalam buah inilah yang akan melancarkan pergerakan usus sehingga kita tercegah dari konstipasi. Cukup dengan menyediakan potongan-potongan nanas sebanyak 1 mangkuk, tambahkan dengan sesendok makan minyak zaitun.
 
3. Minyak Zaitun Dicampurkan dengan Pisang
Pisang adalah makanan yang mengandung serat dan kalium tinggi, oleh karena itu buah berwarna kuning ini terpercaya dalam membantu melancarkan sistem pencernaan. Untuk kombinasi pisang dan minyak zaitun, pastikan Anda sudah mengiris tipis-tipis 1 buah pisang matang yang sudah dikupas.
 
Hasil potongan pisang bisa Anda taruh di dalam sebuah mangkuk atau piring, lalu tuang sesendok makan minyak zaitun ekstra virgin, aduk-aduk untuk mencampurkannya. Mengonsumsi makanan ini sehari 3 kali akan sangat membantu dalam melancarkan kembali susah BAB Anda, jadi jangan ragu untuk menjadikan pisang campur minyak zaitun ini sebagai camilan sehat.
 
 
4. Minyak Zaitun Campur Jus Lemon
Pernah terbayang bagaimana minyak zaitun dikombinasikan dengan jus lemon? Jangan terburu merasa aneh dulu karena mencampurkan sesendok makan minyak zaitun dan jus lemon sebanyak 1 sendok teh lalu meminumnya rutin bisa membantu mengatasi sekaligus mencegah sembelit. Untuk hasil terbaik, konsumsilah setiap malam sebelum beranjak tidur.
 
5. Minyak Zaitun Dicampurkan ke Teh
Jika Anda suka minum teh pagi-pagi, maka Anda perlu untuk mencoba cara satu ini, yakni dengan mencampurkan minyak zaitun sebanyak 1 sendok teh. Anda bisa membiasakan mengonsumsinya sebelum sarapan, terutama kalau tidak punya gangguan pencernaan pada lambung, hal ini bertujuan supaya sembelit tidak mudah menyerang kembali.
 
6. Minyak Zaitun Tanpa Campuran
Cara paling sederhana lainnya adalah cukup dengan mengonsumsi 1-2 sendok makan minyak zaitun setiap pagi. Alangkah lebih baik kalau konsumsi dilakukan saat perut masih kosong dan bahkan setelahnya Anda sebaiknya tak minum air atau makan apapun selama 1 jam. Perhatikan aturan konsumsi atau cara minum minyak zaitun sebelum atau sesudah makan, mana yang paling baik.
 
Selamat mencoba sejumlah cara penggunaan minyak zaitun untuk sembelit tersebut dan semoga berhasil dalam menangani masalah pencernaan satu ini secara alami.

Comments

comments

Leave a Reply