10 Manfaat Madu Saat Puasa

10 Manfaat Madu Saat Puasa

Selama berpuasa mengonsumsi madu menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan. Hal ini karena madu memiliki manfaat yang membuat tubuhmu selalu sehat. Apa saja itu?

Selama berpuasa, kamu harus menjaga asupan nutrisi agar badan tetap fit sepanjang waktu. Mengonsumsi madu dapat memberikan manfaat pada tubuh untuk menjalankan puasa dengan tetap sehat. Apa saja manfaat jika mengonsumsi madu pada saat berpuasa? Ini dia penjelasannya.10 Manfaat Madu Saat Puasa

1. Melembapkan Wajah

Banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utama karena dapat melembapkan wajah. Di bulan Ramadhan ini kamu dapat menggunakan madu untuk mengatasi wajah kering saat berpuasa. Gunakan masker madu agar membuat wajahmu lebih lembap.

2. Melembapkan Bibir

Selain melembapkan wajah, madu juga dapat melembapkan bibir. Kamu dapat menggunakan madu agar dapat memberikan kelembapan dan mencegah bibir pecah-pecah.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Madu dapat kamu gunakan untuk menjaga sistem pencernaan.Dengan mengonsumsinya dapat membuat sistem pencernaan dan metabolisme akan menjadi lebih lancar.

4. Memberikan Energi Tambahan

Manfaat madu selanjutnya yaitu dapat memberikan energi tambahan. Madu memiliki kandungan gula alami seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini akan memberikan tambahan energi yang bertahan lama seharian.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi madu dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Madu mengandung zat yang dapat mengurangi gejala alergi, serta mencegah flu dan batuk.

Dengan mengonsumsi madu di bulan puasa dapat menjaga tubuh tetap sehat. Kamu dapat mengonsumsi 1 hingga 2 madu alami saat sahur.

6. Melindungi Lambung

Biasanya, asam lambung akan meningkat cukup banyak pada saat berpuasa. Dengan meningkatnya asam lambung tersebut, kamu akan sering mengalami maag yang menyiksa selama berpuasa.

Untuk mencegah naiknya asam lambung, kamu dapat mengonsumsi madu. Minum 1 sendok madu akan dapat membantu menjaga perut tetap nyaman sepanjang siang, serta mencegah maag muncul.

7. Menurunkan Kadar Trigliserida

Berbuka puasa sering membuat kita sulit untuk mengontrol makanan. Segala jenis makanan yang berlemak seperti santan dan gorengan menjadi menu favorit untuk buka puasa. Dengan mengonsumsinya dapat membuat penumpukan trigliserida yang berbahaya untuk kesehatan.

Untuk menjaga gangguan tersebut, kamu dapat mengonsumsi madu saat sahur.

8. Membuat Tidur Nyenyak

Meminum madu dapat meningkatkan hormon relaksasi yang membuat suasana hati yang baik dan membuat kamu tidur lebih pulas. Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Tidur kamu akan lebih berkualitas walau singkat selama berpuasa.

9. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Madu merupakan antioksidan yang dapat membunuh racun di dalam tubuh

10. Menahan Agar Tidak Lapar

Manfaat madu yang terakhir yaitu dapat menahan lapar ketika berpuasa. Mengonsumsi madu satu sendok makan setara dengan 17 gram karbohidrat.

Itulah 10 manfaat madu saat puasa

2 Komentar

  1. Pingback: Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.