6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbuka

Walaupun sejatinya dapat mengurangi penyakit maag. Tapi buat kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, pastinya menjalani ibadah puasa menjadi tantangan tersendiri, khususnya di minggu-minggu awal puasa saat lambungmu masih dalam proses adaptasi dengan pola makan barumu.

Biar kamu gak tersiksa saat menjalani ibadah puasa, kamu wajib banget memperhatikan menu berbuka yang kamu santap setiap harinya. Sebab, gak semua makanan ramah untuk lambungmu. Lalu makanan apa saja ya yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag? Ini dia ulasannya.

1. Kurma

6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat BerbukaPopsugar.com

Kamu pasti sudah tahu kan kalau buah yang satu ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka. Sebab kurma memang dikenal memiliki sejuta manfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi kurma saat berbuka dapat mengendalikan kadar asam lambung. Maag sendiri disebabkan karena jumlah asam lambung yang meningkat secara berlebihan. Selain itu, tingginya serat yang ada dalam kurma dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Sayur bayam

6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat BerbukaCapsica.in

Sayur bayam sangat aman dikonsumsi oleh penderita maag ketika berbuka karena sayuran ini gak mengandung gas sehingga aman untuk lambung. Tapi pastikan kamu gak mencampur bayam dengan sayuran lain. Sebab walaupun kelihatannya bagus untuk pencernaan, tapi gak semua jenis sayur cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Jadi sebaiknya, olah bayam menjadi sayur bening saja ya.

3. Nasi tim

6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat Berbukamerahputih.com

Dengan berpuasa seharian artinya kamu sudah membuat lambungmu beristirahat karena gak ada aktivitas mencerna makanan di dalam lambung dalam waktu cukup lama. Nah, biar lambungmu gak kaget waktu berbuka, kamu harus cermat memilih makanan supaya lambungmu dapat bekerja secara perlahan-lahan. Nasi tim yang lunak dan lembut sangat cocok untuk lambung penderita maag, karena dapat meringankan kerja lambung.

4. Kentang rebus

6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat BerbukaSocialdiary.com

Selain mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kentang juga mengandung senyawa alkali, yaitu senyawa yang banyak digunakan pada berbagai macam obat maag. Sifat basa pada alkali membuat senyawa ini mampu menetralkan asam lambung sehingga sangat aman dikonsumsi oleh kamu yang memiliki riwayat maag.

5. Ikan panggang

6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat BerbukaResephariini.com

Selain lezat, ikan juga terkenal karena kaya akan protein dan memiliki kadar lemak yang rendah. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan pada dinding lambung yang menyebabkan rasa nyeri dan mual. Tapi sebaiknya pilihlah ikan yang kaya akan omega 3, karena omega 3 memiliki sifat sifat anti radang, seperti sarden atau tuna.

Bagi penderita maag, hindari mengolah ikan dengan cara digoreng karena hal ini hanya akan melipat gandakan kandungan lemak jahat pada daging ikan. Sebaiknya olah ikan dengan cara dipanggang menggunakan sedikit minyak zaitun untuk menjaga nutrisi pada daging ikan.

6. Kacang almond

6 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Maag Saat BerbukaMnn.com

Kacang almond mengandung sedikit basa yang dapat menyeimbangkan kadar asam lambung. Mengonsumsi kacang almond saat berbuka dapat mencegah penyakit maag kambuh, karena kacang terbukti mencegah peningkatan asam lambung. Kalau kamu kesulitan mencari kacang almond, kamu bisa menggantinya dengan chestnut, hazelnut, atau kacang brazil. Tapi sebaiknya hindari kacang tanah dan mete ya, karena kacang tersebut dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Sudah tahu kan makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita maag? Segera ganti menu berbukamu agar kamu bisa menjalani ibadah puasa dengan khusyu tanpa merasa tersiksa akibat asam lambung yang tiba-tiba naik saat berbuka.

idntimes.com

Comments

comments

Leave a Reply