Daun Bidara Untuk Penyembuhan Luka Gores Dan Luka Bakar

daun-bidara-untuk-penyembuhan-luka-gores-dan-luka-bakarDaun bidara saat ini menjadi salah satu tumbuhan herbal yang digunakan untuk pengobatan, dan salah satunya ialah untuk mengobati luka gores maupun luka bakar yang dialami oleh seseorang. Wah kok bisa ya ? namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang daun bidara sebagai obat luka bakar, kita pahami dulu apa penyebabnya dibawah ini.

Kulit adalah bagian dari manusia yang paling rentan sekali terkena luka bakar. Jika berbicara mengenai luka bakar, seringkali kita tidak mengerti bagaimana cara yang benar untuk mengobati luka bakar tersebut.

Pertolongan pertama menjadi hal yang sangat penting untuk meredakan rasa sakit yang didapat kulit karena luka bakar tersebut, biasanya seseorang melakukan berbagai cara agar luka bakar tersebut tidak memanas. Untuk hal ini, maka penting untuk anda mengetahui jenis dari luka bakar dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

Dalam dunia medis, luka bakar ini tidak hanya berkutat pada kejadian dimana api tengah membakar bagian tubuh seseorang. Ada beberapa klasifikasi yang bisa digunakan acuan untuk menentukan mengenai tingkat dari luka bakar tersebut.

Hal ini bisa dilihat dari seberapa parah luka bakar yang diderita seseorang tersebut. Luka gores maupun luka bakar memang menjadi suatu hal yang sering dialami seseorang, hal ini bisa terjadi karena hal yang tidak disengaja saat melakukan setiap aktifitas.

Kenapa disebut luka bakar ? karena pada saat terkena luka tersebut rasanya kulit sangat perih dan panas, seperti terbakar oleh api. Untuk mengobati luka bakar ini sendiri kita tidak bisa sembarangan melakukanya, harus diteliti dulu seberapa parah luka yang diderita. Berikut ini ada beberapa level atau skala luka bakar yang harus anda pahami.

Luka bakar level pertama merupakan luka kerusakan kulit yang tidak melepuh. Maksudnya disini adalah luka bakar yang hanya menyebabkan efek kecil sehingga lapisan kulit yang terbakar tidak menyebabkan memerah.

Ciri dari luka bakar level pertama ini adalah kulir menjadi kering, ada sedikit pembengkakan yang terjadi karena peradanganringan, dan kulit bagian luar sedikit mengelupas.

Luka bakar level kedua biasanya ditandai dengan lecet atau lebih parah lagi terkena pada bagian kulit dermis yang didalamnya ada saraf dan juga pembuluh darah. Luka bakar ini bisa mengakibatkan kulit penderitanya melepuh.

Terlepas dari semua jenis level luka bakar yang di derita, pada  kesempatan kali ini kita akan bagikan cara menyembuhkan luka gores dan luka bakar dengan cara alami, yakni dengan memanfaatkan tumbuhan herbal daun bidara.

Baca Juga : Daun Bidara Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun bidara juga bisa digunakan sebagai obat untuk luka gores maupun luka bakar pada kulit. Daun bidara yang masih segar bisa memberikn efek dingin pada kulit yang telah terbakar tadi. Selain itu senyawa yang terdapat didalam daun bidara ini juga efektif untuk menyembuhkan luka bakar tadi.

Caranya pun sangat mudah, anda tinggal mencari beberapa lembar daun bidara yang masih segar dan hijau, lalu silahkan bersihkan dan tempelkan pada bagian kulit yang telah terbakar tadi. Manfaat daun bidara sebagai media menyembuhkan luka bakar ini dilakukan pertama kali di India.

Demikin info dari kami mengenai daun bidara untuk obat menyembuhkan luka gores dan luka bakar pada kulit, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah anda.

 

Comments

comments

Leave a Reply