Manfaat Luar Biasa Kayu Putih untuk Kesehatan

Minyak kayu putih merupakan hasil dari destilasi uap ranting dan daun segar pohon kayu putih atau Melaleuca Leucadendra. Hasil dari proses destilasi tersebut akan menghasilkan minyak yang sering kita gunakan sehari-hari.

Minyak ini memiliki kandungan sineol yang berasal dari kayu dan daun kayu putih. Menurut Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI), kandungan sineolnya harus berkisar antara 50-65% yang menjadi standar penentuan kemurniannya.

Kandungan sineol inilah yang memberikan sensasi hangat dan menenangkan. Adapun kandungan eucalyptol yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti jamur yang dapat berguna untuk melindungi kulit.

Baca juga : Cara Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Sembelit Sederhana dan Efektif

Manfaat Minyak Kayu Putih

Berikut adalah khasiat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan:

1. Baik untuk Pernapasan

Minyak kayu putih memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang mampu memberikan manfaat baik bagi sistem pernapasan kita. Sifat ini mampu mengatasi asma, sinusitis, serta gangguan pada pernapasan lainnya dan meredakannya.

Cajuput sebagai kandungan lainnya mengandung senyawa yang bersifat dekongestan yang mampu membantu mengencerkan dahak atau sinusitis yang terjadi pada sistem pernapasan kita.

2. Mampu Meredakan Batuk

Kandungan cajuput dan sineol pada kayu putih mampu membantu kamu dalam meredakan batuk. Selain mempunyai senyawa yang bersifat dekongestan alami, kayu putih juga mempunyai kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan.

Kedua kandungan tersebut mampu membantu kamu dalam mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

3. Merawat Luka

Aktivitas antimikroba dalam minyak kayu putih membuktikan ekstrak daun eucalyptus dapat membantu melawan patogen Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli).

Kandungan antibikroba dari minyak ini tersebut dapat memperkecil risiko luka infeksi yang diakibatkan kedua patogen tersebut.

4. Meredakan Nyeri Otot

Kandungan eucalyptamint yang terdapat pada kayu putih dapat digunakan untuk mengobati nyeri otot dan sendi karena keseleo, radang sendi, memar, dan sakit punggung.

Selain itu, kayu putih memiliki respons fisiologis yang mampu menghilangkan rasa sakit pada otot.

5. Menjauhkan Serangga

Gangguan serangga seperti nyamuk dapat berakibatkan berbagai penyakit yang tidak kita inginkan. Sebagai pengusir serangga alami, kayu putih memiliki kandungan eucalyptol yang tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk.

6. Meredakan Mual Perjalanan dan Sakit Kepala

Kandungan sineol kayu putih mampu memberikan rasa hangat dan menenangkan bagi pengguna yang merasakan mual di perjalanan atau sakit kepala. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia saat bepergian.

7. Mengurangi Ketombe

Bagi yang mempunyai masalah ketombe pada rambut, bisa juga menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasinya. Jamur Malassezia furfur yang merupakan biang masalah penyebab ketombe dapat diatasi dengan menggunakan minyak ini.

8. Merawat Kesehatan Gigi

Sifat antibakteri dan antimikroba yang terdapat dalam kayu putih ini ternyata memiliki peran yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Khasiat kayu putih tersebut dapat mencegah bakteri dan mikroba untuk tumbuh dan merusak gigi dan mulut kita.

9. Meredakan Kulit Berminyak

Bagi yang memiliki permasalahan wajah berminyak, bisa juga menggunakan minyak kayu putih ini untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Zat dan sifat astringent dalam eucalyptol yang terdapat pada kayu putih dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut riset dalam BMC Immunology, kayu putih dapat merangsang respon sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, peneliti menemukan bahwa minyak ini dapat meningkatkan respon fagositik sistem kekebalan terhadap patogen.

Selain khasiat dan manfaat kayu putih yang berlimpah, proses pemakaiannya pun cukup mudah untuk diaplikasikan. Hanya dengan mengoleskan minyak secukupnya dan menghirup uap yang dimilikinya, khasiat minyak kayu putih ini sudah bisa kita rasakan. Selalu sediakan produk kesehatan seperti minyak kayu putih yang kaya akan manfaat ini disini.

Sumber : tokopedia.com

71 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.